MODEL PEMBELAJARAN PKn UNTUK SEKOLAH DASAR (bag I)

12 07 2008

Model Pembelajaran (sama hal seperti namanya) adalah sebuah “Model” yang tidak tabu untuk dikembangkan. Ia adalah sebuah gagasan inti yang menunggu dan berkesempatan besar untuk berkembang. Jadi tidak selamanya sebuah model harus dilaksanakan seperti aselinya, dengan sentuhan kreasi dan inovasi jadilah sebuah model menjadi lebih kaya. Berikut ini adalah model pembelajaran yang menunggu anda untuk mengembangkannya:

  1. Model Pembelajaran Induktif

Pendekatan ini dikembangkan oleh filosof Perancis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin. Semakin banyak fakta semakin mendukung hasil simpulan.

Langkah-langkah yang harus Anda tempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan induktif yaitu:

  • PEMILIHAN PRINSIP

guru memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan dengan pendekatan induktif

  • PEMBERIAN CONTOH

guru menyajikan contoh khusus, yang mendukung prinsip, atau aturan yang memungkinkan siswa memperkirakan sifat umum yang terkandung dalam contoh

  • PEMBERIAN CONTOH LAIN

guru menyajikan bukti yang berupa contoh tambahan untuk menunjang atau mengangkat perkiraan, dan memperkuat prinsip

  • MENYIMPULKAN

menyimpulkan, memberi penegasan dari beberapa contoh kemudian disimpulkan dari contoh tersebut menuju sebuah prinsip yang hendak dicapai siswa.

  1. 2.    Model Pembelajaran Deduktif

Pendekatan deduktif merupakan pendekatan yang mengutamakan penalaran dari umum ke khusus. Langkah-langkah yang dapat Anda tempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan deduktif dijelaskan sebagai berikut:

 (1)  guru memilih konsep, prinsip aturan yang akan disajikan,

(2)  guru menyajikan aturan, prinsip yang berifat umum, lengkap dengan definisi dan contoh-contohnya,

(3)  guru menyajikan contoh-contoh khusus agar siswa dapat menyusun hubungan antara keadaan khusus dengan aturan prinsip umum yang didukung oleh media yang cocok,

(4) guru menyajikan bukti-bukti untuk menunjang atau menolak kesimpulan bahwa keadaan umum itu merupakan gambaran dari keadaan khusus

About these ads

Aksi

Information

11 responses

12 07 2008
ahmedtaopik

boljug

19 12 2008
srie n' oedhien

Salam kenal…..
mg tulisannya terus diperbaiki sehingga saya bisa copy/paste lagi….maaf ga minta izin dulu

http://www.s1pgsd.blogspot.com

26 03 2009
tika

thanks for tulisannya. saya jadi g capek2 nyari data bwt mama saya.

*) terima kasih telah berkunjung

18 10 2009
lilis

makasih y untung u nulis ini, jd tgs q kebantu…..
besuk2 lagi y…..

24 08 2010
Dwiramaya

Sok atuh nulis deui nu sae.

29 05 2011
muhammad solihun

wah dilanjut dong tulisannya, sangat membantu tuh,

26 07 2011
jesica

infonya banyak bgt

6 12 2011
lia

mana yang lebih tepat menggunakan pendekatan induktif dan deduktif, mangapa?

7 12 2011
SDN 3

@ Lia : dua pendekatan ini dinilai bagus, tidak ada yang lebih buruk dari yang lainnya.
hanya saja kita harus pandai-pandai memilih jenis pendekatan yang tepat untuk jenis materi tertentu.
salam

20 07 2012
ratna spd sd

terimakasih artikelnya membantu menyusun rpp

23 05 2014
nazira FC

thanks ya… tulisannya sangat membantu

Kami tunggu komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: