Pemerintah Janjikan Kenaikan Gaji PNS dan Gaji 13 pada Tahun 2009

9 05 2009

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah kembali menjanjikan kenaikan gaji dan pemberian gaji ke-13 bagi PNS, TNI dan Polri pada 2009 untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ini sebagaimana keinginan presiden yang meminta bahwa selama beliau menjadi pemimpin, upah rill PNS harus semakin sejahtera, termasuk TNI dan Polri,” kata Menkeu, saat menyampaikan pengarahan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2008 di Jakarta, Selasa (6/5).

Dikatakannya, saat awal pemerintahan Presiden Yudhoyono, upah terendah untuk PNS adalah sekitar Rp700 ribu per bulan, sedangkan saat ini berada pada sekitar Rp1,6 juta per bulan.

“Upah terendah itu bagi PNS dengan nol pengalaman dan merupakan kelompok terendah,” katanya.

Presiden sendiri, katanya, meminta agar upah terendah bisa naik menjadi sekitar Rp2 juta per bulan.

Meski demikian, Menkeu tidak menjelaskan berapa persen kenaikan gaji tersebut akan diberikan pada tahun depan. seperti yang dilansir kapanlagidotcom

Meski pertumbuhan ekonomi di awal 2009 diprediksi terjadi penurunan, pemerintah akan tetap melaksanakan komitmen menyejahterakan PNS. Kenaikan gaji dan gai 13 akan tetap dikucurkan.

“Untuk ke depan seperti amanat Presiden, gaji 13 PNS akan tetap diberikan, kenaikan gaji tetap berlaku, PNS harus sebisa mungkin sejahtera,” tegas Menkeu.

Dijelaskannnya, pada 2009, APBN agak bergerak lebih ekspansif dengan pengentasan kemiskinan dan pengangguran sebagai prioritas utama. “Tetapi tetap terukur dan disiplin kualitas juga sangat penting. Kalau punya Rp 100 miliar, hal itu bagusnya buat apa, apa untuk reboisasi atau apa itu nanti bisa diterapkan,” kata Menkeu di depan ratusan pejabat daerah.

Pada 2009, pemerintah memperkirakan pertumbuhan menurun dari target awal 6,2-6,5%, infkasi 5,8-6,2%, rupiah di kisaran 8.950-9.050 per dolar AS, SBI 7,25-7,75%, harga minyak di kisaran 95-110 dolar AS per barel dan lifting 950 ribu barel per hari.

“Saya mohon dapat dukungan potongan dana prinbangan, kita coba kue dibagi adil dan efisien,” kata Menkeu. kutipan dari inilahdotcom


Aksi

Information

10 responses

9 05 2009
Ardy Widyarso

Kapan kah pemerintah juga peduli dengan gaji guru swasta ya ?
Insentif guru saja ada banyak yang tidak sampai ke guru……contohnya di sekolah tempat saya bekerja, sejak tahun 2005 tidak pernah menerima insentif guru.
Hmmmmm….

13 05 2009
aku

mana gaji ke 13, bohong!!

27 05 2009
anang

kalo remunerasi kapan mulai direalisasikan???

29 05 2009
tonank

tolong dong pak DPR remunerasinya mana? kalo kesejahteraan cukup saya mungkin percaya akan mulai banyak pns yang mikir untuk nggak ngelakuin korupsi..
ya toh..

8 06 2009
Asep Setiawan, S.Pd.

Sabar, Sabar, itu kata yang paling tepat dan pantas disandang oleh sosok seorang Guru, tidak arogan, penyayang dlsbg.
Kami komunitas Guru, sangat percaya dengan komitmen dan statmen Pemerintah, dan apsti semua itu terlaksana dan akan dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan janjinya,,,,, Statmen Menkeu = SBY = JUJUR = PASTI CAIR TERMASUK DANA SERTIFIKASINYA. Hidup SBY…… Zoos Boediono, kalian pasangan yang serasi dan tidak banyak janji, tapi BUKTIIIIII………Goodluck 4 You

9 06 2009
Kebelen kelen

PNS jangan terlalu menuntut gaji(hak) tapi imbangilah dengan kewajiban.Kalau diamati benar-benar sebagian besar PNS belum disiplin dan belum memberikan pelayanan terbaik utk masyarakat. Kalau ada bila ada amplopnya, Perilaku demikian, koh terus menuntut kenaikana gaji. Coba pikir masih banyak saudara kita yang belum dapat menikmati hidup yang layak, mereka masih memikirkan apa yang dimakan utk hari esoknya. Tapi bagi PNS bagaimana caranya cepat mendapat duit dan menghabiskan. Cara pintas mendapat duit, lagi-lagi duit. MANA KINERJANYA.

Semua yang disampaikan pemerintah akan dilaksanakan dan ada skala prioritasnya, baangsa Indonesia ini bukan saja dihuni oleh orang-orang PNS saja. Mohon dipahami.

10 06 2009
jossy

mana bossssssssssssssssssssss gaji 13 nya!!!!!!!!!
jangan sibuk urus kampanye aja bossssssssssssssss,
kami rakyat kecil butuh hidup…………….
makasih bayak bossss

21 06 2009
yanti br sihombing

mana pak lik gaji ke 13 nya………….
lagi bokek ni he…..he………..

22 06 2009
ahmedtaopik

Hehe, semua sudah terjawab ya..!!

30 06 2009
redaksi

AWAS!!! NUANSA POLITIK GAJI KE-13

Pemerintah menyediakan anggaran Rp.143,8 triliun untuk gaji pegawai tahun 2009. Pencairannya akan dilaksanakan pekan ini. Seluruh Pegawai Negari Sipil, TNI, Polri, pensiunan, tenaga honorer dan 14 pejabat lain termasuk Presiden, wakil presiden beserta menteri-menteri kan menikmati gaji tersebut.

Namun, ada nuansa berbeda dengan pencairan gaji ke-13 kali ini, yaitu saat mendekati pemilihan presiden dan wakil presiden. Benarkah ini bermuatan politis???

Bagai udang dibalik batu, begitulah motif pemberian gaji ke-13. Sebagai bentuk upaya mensejahterahkan abdi negara, meringankan beban kebutuhan, selain itu, motif politik begitu kental mewarnai pencairan gaji tersebut. Surat edaran Dirjen Perbendaharaan Negara, yang menyatakan bahwa pembayaran gaji ke-13 dilakukan pada bulan juni dan paling lambat juli 2009, mendekati masa pilpres. Pernyataan itulah yang mengundang reaksi bahwa ada makna politis di balik pencairan gaji ke-13 tahun ini.

Tidak bisa dielakkan lagi, pencairan gaji ke-13 akan mempengaruhi opini publik. Bisa jadi sebagian masyarakat menelan mentah-mentah kebijakan itu, sehingga akan mempengaruhi keputusan politiknya saat pilpres 9 juli nanti. 3,7 juta Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia, belum lagi ditambah jumlah keluarga, anak-istri-suami dan lainnya kalau dirasionalkan dalam satu suara, akan menghasilkan keputusan yang signifikan.

Dengan demikian, prosesi pilpres yang bersih dan transparan hanya tinggal impian. Kebijakan politik ini jelas hanya menguntungkan calon incumbent.

Kami tunggu komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: