Menpan: 2009 Pemerintah Buka Penerimaan 300.000 CPNS

23 05 2009

Walaupun kemarin masih simpang-siur pemberitaan mengenai penerimaan ini, tetapi setidaknya berita bagus ini telah dirilis oleh situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan rakyat.

Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) Republik Indonesia Taufiq Effendi menyatakan pemerintah segera membuka penerimaan 300.000 kursi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari seluruh Indonesia pada tahun 2009 ini.

“Rencananya test penerimaan akan berlangsung pada bulan September 2009,” kata Menpan Taufiq Effendi dalam kunjungan kerjanya di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (29/4).

Menpan juga menambahkan bahwa penerimaan 300.000 CPNS pada tahun ini diluar pengangkatan pegawai honor.

Menteri mengatakan masih menunggu rekomendasi dari Departemen Keuangan sehubungan dengan formasi penerimaan CPNS tahun 2009. Pada saat ini kami masih menunggu rekomendasi dari Departemen Keuangan,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dari pembukaan penerimaan 300.000 CPNS yang paling banyak dibutuhkan adalah penyuluh pertanian.

Puluhan ribu tenaga honorer diangkat

Pemerintah akan mengangkat 83.487 tenaga honorer di sejumlah instansi di seluruh Indonesia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini, dengan terlebih dahulu mengikuti seleksi.

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi dalam Raker Komisi II DPR yang dipimpin ketua komisi itu, EE Mangindaan, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/4), menyebut pengangkatan tenaga honorer itu menjadi prioritas penerimaan PNS 2009.

Seluruh tenaga honorer yang diusulkan pejabat pembina kepegawaian yang didasarkan pada kebutuhan riil organisasi, telah diangkat menjadi PNS sebanyak 837.312 orang. “Sisanya sekitar 83.487 formasi akan dialokasikan pada tahun 2009,” katanya.

Menneg PAN mengemukakan, pihaknya telah meminta pendapat Menkeu Sri Mulyani karena penerimaan PNS baru akan berkaitan dengan pengeluaran belanja pegawai, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Menteri mengingatkan bahwa tenaga honorer yang tercatat dalam pusat data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tidak secara otomatis akan mendapat Nomor Induk Pegawai (NIP) PNS karena masih harus melalui seleksi administrasi di BKN.

Kriteria tenaga honorer yang diprioritaskan akan diangkat menjadi PNS adalah karena tenaganya sangat dibutuhkan dan diusulkan oleh pejabat pembina kepegawaian.

Peluang pengangkatan ini tidak berlaku untuk mereka yang bekerja di lembaga swasta, yayasan, koperasi pegawai, BUMN, BUMD, kantor desa, KONI, Dewan Kerajinan Nasional, dharma wanita, PMI dan sebagainya.

Selain itu, tidak berlaku untuk pegawai yang penghasilanya dibiayai dari Dana Bantuan Operasional Sekolah, bantuan atau subsidi untuk kegiatan/pembinaan yang dikeluarkan dari APBN atau yang dibiayai dari retribusi.

Tidak berlaku pula bagi pegawai yang pengangkatannya dilakukan bukan pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan yang ditunjuk secara sah.

Sumber : di sini


Aksi

Information

18 responses

24 05 2009
bodrox

asyik… asyik… ada lowongan banyak. semoga ini kenyataan🙂

26 05 2009
ahmedtaopik

semoga

25 05 2009
Billy Koesoemadinata

hmm..
ikutan ga ya?

26 05 2009
ahmedtaopik

harus, kuotanya banyak. makin besar kesempatannya

25 05 2009
Berty

Alhmdllh..Ada dokter gigi ga ya?

26 05 2009
ahmedtaopik

siapkan aja persyaratannya buu, dari sekarang. Ayo kita ikutan..!!

29 05 2009
syifa_asadillah

alhamdulillah….mari qt ssiapkan persyaratannya…

29 05 2009
SDN 3

semangaaadt

3 06 2009
olan

pengangkatan tenaga honorernya kapan?apa betul sebelum pilpres?mohon penjelasan dari kantor menpan, Terima kasih.

10 06 2009
Erna Setriana

Bagaimana dengan kontrak dengan SATKER Pusat maupun SATKER Propinsi, masuk didalamnya untuk diangkat menjadi PNS

16 07 2009
indra

Bpk Menpan, kpn pelaksanaan cpns formasi 2005 setelah kuota di terima kab/kota??

20 10 2009
lin

iya,ya kapan nasib guru honor akan membaik
jangan hanya janji-janji aja semoga aja nasib guru honorer menjadi pns

29 01 2010
satriaalexsander

Bapak MENPAN yang terhormat.
saya salah satu tenaga honorer di Kabupaten Tapanuli Utara, dan pengumuman CPNS bulan desember 2009 nama saya ikut terlampir…dan seluruh berkas saya lengkapi sesuai petunjuk BKD KAB.Tapanuli Utara. tetapi kenapa saya tidak bisa ikut menerima SK CPNS nantinya? padahal saya bekerja di KAB. Tapanuli Utara mulai pebuari 2005 sampai sekarang.mohon ditanggapi pak..keputusan BKN mengeluar pengumuman pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS menurut saya SAH.terima kasih

19 02 2010
AYI AMAS

Bapak MENPAN yang terhormat
Saya salah satu tenaga honor di SMP Negeri di Kota Bogor Jawa BArat sudah mengabdi sejak tahun 1993 minta Bapak memperhatikan kami kami bekerja di bawah tekanan Guru di Bawah Tekanan siswa di bawah tekanan Kepala Sekolah dan harus menjaga merawat aset sekolah/ negara yang luasnya 1 hektar kenapa yang menjadi perhatian haya guru-guru-guru dan guru kami yang babak belur menguru keperluan keperluan guru keperluan sekolah keperluan murid dengan gaji honor Rp. 300.000 di mana keadilan ini sedang didepan mata gaji guru di tambah tunjangan sertifikasi begitu besar kami kebagian dicaci dan dimaki supaya bekerja bekerja ditengah kemakmuran guru kami terpinggirkan DOSA BESAR lihat dalam ALQURAN kalau Bapak menpan tidak percaya

24 02 2010
nandang

ya aku cuma berdoa semoga tenaga PTT Bisa diangkat juga jadi PNS

24 02 2010
nandang kosasih

ya aku cuma berdoa semoga tenaga PTT Bisa diangkat juga jadi PNS.kita sama-sama berdoa teman PTT/GTT senasib sepenangungan jangan putus asa.

27 10 2010
Nandang Kosasih

kami berharap pada masa pemerintahan yang sekarang tolong lebih memperhatikan orang-orang yang lemah, akhirnya gimana bencana dimana-mana karna alam sudah ga mau lagi bersahabat dengan manusia, karna ulah manusia sendiri.begitu juga manusia ga mau lagi bersatu karna apa yang lemah kurang diperhatikan terjadi bentrokan antar sesama kemarahan orang-orang yang terlindas itu kenapa karena haknya kurang diperhatikan. Jadilah kalian pemimpin yang bijak yang bisa bertanggung jawab dunya akhirat. Tolonglah kami para honorer PTT dan GTT yang dibayar oleh APBS cuma dapat bantuan dari sekolah aja.

22 02 2014
Suriyani Suherman

assalamu alaikum kami mau berbagi pengalaman kepada seluruh anggota honorer yang sudah mengabdi beberapa tahun di instansi pemerintahan yang belum masuk k1 maupun k2 karna di mana saya sudah masuk K1 Berkat bantuan bapak TAUCHID DJATMIKO di BKN PUSAT alhamdulillah berkat bantuan beliau tahun ini SK saya bisa keluar,Jadi buat teman honorer yang ingin seperti saya silahkan di hubungi beliau jangan sampai dia bisa membantu di nomor telp.0812-9343—4567 atas nama TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI

Kami tunggu komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: