Cahaya Aurora, apakah itu?

24 05 2009
mystery of the northern lights

mystery of the northern lights

Berceloteh

Dalam pembelajaran di kelas seringkali siswa-siswa berceloteh, baik dengan teman-temannya ataupun kepada guru tentang sesuatu yang baru, yang tidak diketahuinya. Celotehan-celotehan ini sering kali membuat kami (guru) kelimpungan. Celotehan seperti “tadi malam aku lihat Jurig lho..” (jurig; hantu)

maklum para siswa memang senang membanggakan diri, senang membuat orang lain kagum, bahkan senang membuat para guru kagum. Tetapi caranya membuat kagum itu justru dengan cara berbohong.

Yang lainnya menjawab “iya di kamarku juga sering terdengar suara mengetuk” TEman yang lainnya tak kalah seru. “Di atas rumahku terlihat cahaya yang menari-nari, tetanggaku juga melihatnya” hmmmm…. celotehan seperti ini seyogyanya diluruskan.

Tetapi ada seorang temannya, yang lumayan sering baca buku, menimpali obrolan mereka. “Cahaya seperti itu bukan jurig, tapi aurora” Di atas rumahku juga sering kelihatan. Cahaya warna-warni yang bergerak-gerak” Lucu ya, anak yang datang terakhir ini sepertinya paling tahu, atau paling pintar, padahal rumahnya berada di daerah khatulistiwa. Tetapi tetap saja anak-anak.

Tulisan ini menjawab tentang Aurora, yang membuat anak-anak kami terkagum-kagum:

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan (sengaja dicetak tebal) magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini kerana di Eropa ia kerap dilihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.

Foto aurora yang diambil di Andoya Rocket Range, di Norwegia

Foto aurora yang diambil di Andoya Rocket Range, di Norwegia

Aurora muncul saat elektron bermuatan tinggi dari angin matahari melintasi medan magnet bumi dan berinteraksi dengan atmosfer bumi ratusan kilometer di atas permukaan bumi. Ketinggiannya hampir sama dengan ketinggian orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ini menyebabkan kadang kala ISS terbang melintasi aurora. Astronot Donald Pettit mengatakan bahwa dia merasa hampir menyentuh aurora dengan tangannya karena aurora begitu dekat dan indah.

Videonya bisa di lihat di bawah ini :

klik Aurora


Aksi

Information

3 responses

4 06 2009
jun

semoga manusia semakin mengenal hakekatnya untuk selalu mencintaiNYA

28 10 2009
rennita madha vicka

giileeeeeeeeeeeeeeeeeee
uedan men !!!!

1 03 2011
meylisha puspita sari

opo ae ay . ay edan edan ae😀

Kami tunggu komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: