[untuk orang tua siswa] 5 hal yangharus diketahui cara berkomunikasi pada guru anak anda

17 08 2010


Apakah anda memiliki anak yang bersekolah? Ataukah anda seorang wali murid?? Tulisan ini didedikasikan untuk anda para orang tua siswa yang mengharapkan perkembangan anak anda di sekolah. tips berikut ini membahas 5 hal yangharus diketahui bagaimana caranya berkomunikasi pada guru anak anda di sekolah.
Here we go.!!
#5 Mempersiapkan
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum berbicara pada guru anak Anda adalah mempersiapkannya. Anggaplah pertemuan ini layaknya pertemuan bisnis di mana biasanya membawa agenda.


Tanyakan pada guru anak anda bagaimana ia memilih untuk dihubungi. Biasanya orang tua menyukai hal yang simpel. Lewat SMS misalnya. Ataupun lewat telepon. Jangan salah banyak guru yang menginginkan orang tua menghubunginya lewat email atau website. Pilihlah opsi yang menguntungkan dan fleksibel tetapi juga formal.
Pahamilah bahwa guru tidak memiliki banyak waktu ekstra untuk membahas satu demi satu masalah dengan orang tua. Terutama pada awal tahun atau waktu pembagian rapor. Dengan mengatur agenda anda dengan guru, maka anda memiliki waktu leluasa berkonsultasi dengan guru anak anda.
Carilah waktu yang nyaman bagi Anda berdua: Hindari waktu yang sibuk tentukan pula tempat pertemuan yang nyaman. Bersiaplah dengan pertanyaan dan cerita, dan konsultasikan pula rencana. Kita berpendapat guru adalah seorang yang ahli di bidangnya tetapi perlu diingat, mereka juga manusia. Banyak guru juga orang tua yang sudah penat di belakang meja.
#4 Kepercayaan
Jalinlah hubungan positif dengan guru anak Anda. Karena ini dapat membantu anak Anda berhasil dalam kelas. Mintalah guru anak anda untuk terus berbagi informasi rahasia tentang anak anda di kelas, jalin rasa percaya dalam mendiskusikan perkembangan kognitif dan social. Atau anda dapat membuat acara-acara keluarga, dengan guru.

Yakinilah bahwa Anda berdua memiliki komitmen pada anak, meskipun anda berdua memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Tetapi bila komunikasi di antara anda tidak kunjung terjalin, mintalah saran pada Kepala Sekolah.
#3 Berbagi
Sama halnya seperti Anda bertanya pada anak Anda untuk berbagi peristiwa penting yang terjadi selama hari sekolah. Mintalah jawaban yang sama dari guru anak Anda, dan ia pun akan membalas keinginan Anda. Hubungan timbal balik sangatlah penting bagi anda berdua.
Berbagi tentang anak Anda, seperti kebutuhan, kekuatan dan kepribadian. Jika Anda concern terhadap suatu hal, bersikaplah jujur tentang hal itu dengan guru anak Anda. Komunikasi dapat berupa hal-hal yang positif maupun negatif – jangan takut untuk menceritakannya. Bagilah peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan anak-anak (seperti perceraian atau saudara baru) tapi juga ingat untuk berbagi cerita lucu juga. Semua hal ini dapat mempengaruhi bagaimana cara yang tepat mengajar anak anda.
#2 Cari Informasi
Cari tahu apa yang terjadi di dalam kelas. Cari tahu tentang guru, anak-anak, karakter, aturan dan tata tertib. Beberapa cara termudah untuk tetap terinformasi adalah dengan membaca newsletter, website dan laporan pembelajaran yang dikirimkan. Dan, tentu saja, tetap awasi pekerjaan rumah anak Anda.
Tiap-tiap Guru memiliki waktu konsultasi yangberbeda-beda tapi semua guru dapat diajak berbicara (ada yang bisa selama atau setelah jam sekolah, atau ada juga yang memberikan nomor teleponnya). Intinya dapatkan informasi dan tetaplah berhubungan.
#1 Berpartisipasi
Selain menjadi orangtua yang berwawasan, jadilah orangtua yang berpartisipasi. Cobalah untuk menemui guru anak Anda yang baru di awal tahun, walaupun cuma memperkenalkan diri.

Sepanjang tahun Anda dan guru anak Anda akan memiliki kesempatan untuk bertemu. Pastikan untuk menghadiri semua pertemuan orangtua dan guru.
Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk terlibat. Misalnya, menjadi relawan untuk kegiatan. Menemani perjalanan lapangan, bergabung dengan Induk Guru Association (PTA) atau rukun kelas, membantu mengorganisir pesta kelas atau menyumbangkan waktu atau sumber daya ke dalam ruang kelas.

Demikian tulisan ini diterjemahkan dari http://tlc.howstuffworks.com


Aksi

Information

6 responses

27 08 2010
nurkadi

tips yang bagus semoga bermanfaat.

7 12 2010
anton aryanto

tips yang bagus tingkat kan lagi dan blogs ini kurang pengunjung cuba di rank kan ke alexa agar segenap masyarakat indonesia khusunya dan pada umum nya di dunia bisa mengenal nya amiiiin….

17 08 2011
mari berteman

slm knl bro,kunjung blk ya.punten artikelna coppas nya!

6 11 2012
Traci

Please let me know if you’re looking for a author for your site. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write
some content for your blog in exchange for a link back to mine.
Please blast me an e-mail if interested. Cheers!

12 02 2013
http://google.com

I personally Think that blog post, “[untuk orang tua siswa] 5 hal yangharus diketahui cara berkomunikasi pada guru anak anda SDN 3 Bojonglopangs
Weblog” was in fact spot on! I personallycan’t agree together with you more! Finally seems like Iuncovered a blog website very well worth looking through. Thanks for the post, Shayla

27 02 2013
disdik2013

Software Laporan SPJ BOS 2013 Gratis

klik link ini :

(maaf dilarang link ads ya)
admin

Kami tunggu komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: