Rencana Tindak Lanjut

10 08 2009

Well,, menanggapi permintaan teman-teman tentang bentuk dan sistematika Rencana Tindak Lanjut, maka posting ini didedikasikan buat teman-teman pembina pramuka.

Sebenarnya, sampai saat ini kami belum mengetahui bagaimana bentuk penyusunan RTL yang seharusnya .tetapi mari kita coba bahas di sini.

pembina jpeg

Rencana Tindak Lanjut, atau yang sering disebut RTL, adalah produk karya tulis pembina Pramuka setelah mengikuti KML (Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat lanjutan).  Setelah mengikuti KML, seorang pembina harus melakukan pemantapan lanjutan untuk menjadi seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencana tersebut dalam sebuah action plan. Rencana ini berupa perencanaan kegiatan perorangan dan merupakan tali pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka

Sistematika penyusunan RTL adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Memuat alasan atau argumentasi tentang pentingnya Rencana tersebut dibuat. Isi dari Bab I ini bisa berupa :

1. Latar Belakang
2. Dasar
3. Tujuan
4. Sasaran
5. Ruang Lingkup

BAB II PROFIL PENULIS/ GUGUS DEPAN

Hal ihwal penulis dan tempat penulis membina peserta didik. seperti : Keadaan Peserta didik, keadaan pembina, struktur gudep, sarana prasarana, keadaan lingkungan geografis, dan keterangan lain yang mungkin dapat memberikan gambaran tentang penulis dan Gugus Depan tempat membina.

BAB III  TINDAK LANJUT

Memuat rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama rentang waktu yang telah ditentukan oleh penulis, terhadap peserta didik di Gugus Depan. Misalnya ditentukan rentang waktu selama 6 bulan, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah :

1. Memperbarui Administrasi Gugus Depan
2. Menyelenggarakan Musgus, dan membentuk Majelis Gugus Depan baru.
3. Memberikan Materi tekpram (tidak perlu semua, beberapa saja)
4. Bakti Masyarakat
5. Persami
6. dll

BAB IV HASIL YANG DIHARAPKAN

Memaparkan hasil dari kegiatan yang telah kita rencanakan, paparkan secara terperinci dari segi manfaat bagi peserta didik, bagi pembina, bagi gugus depan, atau bagi stake holder lainnya. DAri bab ini dapt dilihat sejauh mana manfaat yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Bila dirasa bermanfaat kecil, maka cari kegiatan lainnya yang menyumbang manfaat lebih baik.  Karena RTL mengharapkan tindak lanjut yang real (nyata), rencana jangka pendek dapat langsung dapat terlihat manfaatnya secara eksplisit.

BAB VI PENUTUP

Sistematika RTL di atas bukan merupakan prosedur yang mengikat, isinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. mudah-mudahan bermanfaat.

Contoh Rencana Tindak Lanjut lengkap bisa di unduh di sini.


Aksi

Information

7 responses

23 08 2009
Agus Suhanto

halo, posting yang menarik, sorry ngikut thread comment ini sebagai salam perkenalan… sy Agus Suhanto

14 02 2010
Aos Sulah

Teruslah berkarya untuk anak didik kita…salam pramuka!!!

9 11 2011
adesudarjat

Hatur nuhun infona, manfaat pisan

19 01 2012
Andreas Rale

terima kasih atas informasinya..salam pramuka

21 11 2012
darul.q

salam pramuka indonesia ….. kami gudep 009 010 batam mohon bantuan dong membuat RTL yang lengkap karna kami masih pemula salam pramuka selalu.makasih

13 04 2013
RITA MULYATI

salam pramuka……
terimakasih infonya !!!!!

6 12 2014
Herlena Rifa

infonya sangat membantu, trims ya kak !

Kami tunggu komentar Anda